Annabawi FM
MOD_YOUTUBE_PLAYLIST_HIDE
MOD_YOUTUBE_PLAYLIST_SHOW
  • الفنان أحمد مجدي في دياب أف أم -

  • الفنان أمير شاهين في دياب أف أم -

  • الفنان شادي ألفونس في دياب أف أم -

  • Diab FM, Amr Diab's Official Online Radio دياب أف أم -

  • الفنانة ريهام حجاج في دياب أف أم -

  • الأعلامي شريف مدكور في دياب أف أم -

  • الفنان عمر السعيد في دياب اف ام -

  • الفنان محمد ممدوح في دياب أف أم -

  • الفنان محسن منصور في دياب أف أم -

  • حلقة رمزي لينير في دياب أف أم -

  • حلقة أحمد حاتم في دياب أف أم -

  • حلقة رامز أمير في دياب أف أم -

  • رامز امير يغني رصيف نمرة خمسة و قصاد عيني .. -

  • حكايتك أيه؟ - الموزع أسامة الهندي (تغطية أ .. -

  • حكايتك أيه؟ - الملحن خليل مصطفي (تغطية ألب .. -

MENGENAL SAHABAT NABI SAW

Dalam sebuah hadis riwayat Turmudzi dan Ahmad, Rasulullah saw. Bersabda," Jagalah dirimu dengan menjaga para sahabatku. Janganlah kalian menjadikan mereka sebagai sasaran (cacian) sepeninggalku. Barang siapa mencintai mereka, maka ia mencintaiku. Dan barang siapa membenci mereka, maka ia menbenci aku. Barang siapa menyakiti mereka, maka ia menyakiti aku. Dan barang siapa menyakiti aku maka ia menyakiti Allah. Dan barang siapa telah menyakiti Allah. Maka ia menjadi dekat silsi-nya".
Dalam hadir lain, yang diriwayatkan oleh Bukhori,Muslim,Ibnu Majah,dan Ahmad dengan matan yang berbeda,"jangan kalian mencaci-maki sahabatku. Demi Allah yang jiwaku dalam genggamannya, andai kata salah seorang di antara kalian menyedekahkan emas sebesar bukit Uhud,maka sedekah itu tidak akan mampu menyamai satu mud sedekah mereka dan tidak pula menyamai setenganya"
Oleh karena itu,seorang muslim yang menyayangi agamanya harus berhati-hati, jangan sampai ia membenci salah seorang dari ahlul bait Rasulullah ray. Atau sahabat demikian pula keturunan beliau saw. Di antara sahabat-sahabat beliau saw. Akan kami perkenalkan secara ringkas sebagai berikut:

ABU UMAMAH (wafat 1 H)
Mana lengkapnya adalah Asad bin Zararah, seorang sahabat ansor yang telah lama masuk islam, beliau ikut dalam baiat Aqobah I dan II. Beliau adalah kepala suku, dialah yang pertama mengucapkan baiat pada malam baiat Aqobah dan beliau pula lah yang pertama membawa islam ke Madinah.

Usman bin maz'un (wafat 2 H/624 M)
Sahabat yang termasuk cendekiawan arab di zaman jahiliah ini sempat mengikuti perang badar dan meninggal dunia sekembalinya dari perang tersebut. Beliau inilah yang berniat membujang dan meninggalkan duniawi. Akan tetapi Rasulullah saw melarang niatnya itu. Saat wafat beliau saw mencium jasadnya. Dan beliau saw sangat sedih dan menitikan air matanya mendengar habar wafatnya. Sahabat inilah yang pertama meninggal di madinah.

Amru bin Jammuh (wafat 3 H)
Sahabat asal ansor ini tergolong bangsawan kaum Anshor. nabi saw mengangkatnya sebagai pemimpin Bani Salamah. Beliau meninggal terhormat sebagai suhada dalam perang uhud.

Abdullah bin jahsyi (wafat 3 H)
Abdullah bin Ri'ab bin Yakmur adalah seorang sahabat berasal dari suku bani asad. Beliau adalah saudara kandung dari Zainab binti Jahsyi,ummul mukminin (salah seorang istri Nabi saw) ipar Rasulullah saw. Ini meninggal dengan terhormat sebagai syuhada perang uhud.

Abdullah bin Amru bin Haram (wafat 3 H)
Salah seorang sahabat yang terpandang di kalangan peserta baiat Aqobah dan perang Uhud. Beliau termasuk pimpinannya. Meninggal dengan terhormat sebagai syuhada perang uhud. Diriwayatkan bahwa para malaikat berjajar mengelilingi jenazahnya pada saat wafatnya.

Mushab bin Umair (wafat 3 H)
Beliau termasuk seorang sahabat yang mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh sahabat lain. Dia memeluk islam tapi merahasiakan keislamannya dari keluarga. Setelah keluarga mengetahuinya mereka mengurungnya dan melepaskan kembali. Kemudian Dia ikut berhijrah ke abassenia,dan kembali ke makkah setelah baiat aqobah I. Dia menyibukan diri untuk mengajar al Quran dan mengimami sholat kaum muslimin. Dia sempat mengikuti perang badar dan uhud serta membawahi pasukan. Beliau meninggal dengan terhormat sebaga syuhada perang uhud.

khabib bin Adi (wafat 4H)
Sahabat dari anshor asal suku aus ini berkesempatan mengikuti perang Badar. Rasulullah saw mengutus beliau ke suku Adal dan Qasah dengan suatu misi, yaitu mengajar agama islam kepada mereka,tapi mereka meniru Nabi saw, utusan Nabi 'khabib bin aus' dijual oleh mereka kesuku bani Harist bin Amir bin Naufal. Oleh karena di waktu perang Badar khabib telah membunuh kakek mereka, maka mereka pun membunuhnya karena dendam membara.

Abu salamah al makhzumi (wafat 4H)
Nama lengkapnya adalah Abdullah bin abdul asad. Saudara Nabi sepersusuan ini termasuk yang pertama masuk islam. Beliau sempat ikut hijrah ke abessina dan madinah dan sempat ikut perang badar. Beliau meninggal di madinah. Rasulullah saw memberi kabar gembira bahwa kelak Abu Salamah di mahsyar adalah yang pertama kali mendapat daftar dengan tangan kanannya.

Sa'ad bin Mu'az (wafat 5 H)
Sa'ad bin Mu'az bin Nu'man asal dari Madinah, dari suku Aus ini adalah seorang sahabat yang mempunyai jiwa patriot. Beliau adalah bangsawan suku Aus yang masuk islam antara baiat Aqobah I dan II. Rasulullah saw pernah mengaplikasikan pembangkangan dan pembatalan perjanjian yang di tandatangani oleh Nabi dengan bani Quraizah yaitu membunuh kaum laki laki dan pembudakan wanita dan anak anak mereka. Beliau sebagai syuhada dalam perang khondak.